Minggu, 28 Maret 2010

Tugas 1 Bahasa Indonesia
Sikap generasi muda terhadap
peranan dan fungsi bahasa indonesia

Kita tahu bahwa bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa Indonesia.bahasa indonesia memiliki fungsi-fungsi tertentu yang digunakan berdasarkan kebutuhan seseorang, Fungsi bahasa tersebut dibagi menjadi 5 (lima) yaitu:
> Sebagai alat komunikasi,
> Sebagai alat ekpresi diri,
> Sebagai alat Kontrol social dan integrasi,
> Sebagai alat adaptasi, dan
> Sebagai alat berpikir.
Di dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia,bahwa bahasa Indonesia mempunyai peran yang sangat strategis termasuk dalam berkomunikasi. Kebijakan nyata dan peran bahasa Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa karena bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar dan kita tahu bahwa yang tercantum dalam sumpah pemuda bahwa berbahasa satu yaitu bahasa Indonesia.
kita tahu bahwa Bahasa Indonesia mencapai puncak perjuangan sejalan dengan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, bahasa Indonesia menjadi bahasa Negara menurut Undang-Undang Dasar 1945, Pasal 36 setelah kemerdekaan.
Di dalam kedudukannya, bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa nasional.bahasa Indonesia mempunyai fungsi sebagai:
> lambang kebangsaan nasional,
> lambang identitas nasional,
> alat pemersatu berbagai kelompok etnik yang berbeda latar belakang sosial budaya dan bahasanya, serta
> alat perhubungan antar budaya dan antar daerah.




Selain itu sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai :
> bahasa resmi kenegaraan,
> bahasa pengantar resmi lembaga pendidikan,
> bahasa resmi perhubungan pada tingkat nasional,
> bahasa resmi pengembangan kebudayaan nasional,
> sarana pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi modern,
> bahasa media massa,
> pendukung sastra Indonesia, dan
> pemerkaya bahasa dan sastra daerah.

Selain itu, ada beberapa berbagai faktor internal seperti, arus globalisasi yang didukung teknologi informasi ikut memacu perkembangan bahasa Indonesia, terutama dalam persiapan memasuki tatanan kehidupan dunia yang semakin modern.seperti kehadiran teknologi informasi yang menggunakan bahasa sebagai pengantar dalam media itu sendiri dengan berbagai macam bahasa yang ada di dunia.dengan keadaan seperti ini,kita ketahui bahwa telah terjadi persaingan bahasa dengan bahasa yang lainnya.maka dari itu,kita sebagai generasi muda harus benar-benar berfikir bahwa bahasa Indonesia menjadi sangat penting bagi bangsa Indonesia karena menjadi alat pemersatu bangsa.
Oleh karena itu, peningkatan mutu sumber daya manusia termasuk kita sebagai generasi muda penerus bangsa Indonesia merupakan syarat utama untuk meningkatkan posisi bahasa Indonesia kedalam tatanan kehidupan global tersebut. Satu-satunya upaya peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia harus dilakukan melalui penngkatan mutu pendidikan, termasuk di dalamnya peningkatan mutu pendidikan bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia menjadi pintu gerbang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu, perlu ditempuh strategi pemantapan peran bahasa Indonesia dalam memasuki tatanan kehidupan dunia yang baru, globalisasi, tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar