Senin, 29 Maret 2010

Ragam Bahasa

Ragam bahasa merupakan keragaman dalam penggunaan bahasa menurut pemakaian, menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara,kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta medium pembicara. Variasi tersebut diakibatkan oleh,faktor budaya daerah,faktor bidang yang ditekuni,serta faktor lingkungan sosial.

Ragam bahasa lisan merupakan keragaman bahasa yang disebabkan oleh alat ucap/lidah. Sebagai contoh yaitu cara bicara orang Medan dan orang Sunda akan berbeda. Orang Medan bicara keras sedangkan orangSunda berbicara halus. Bahasa lisan memiliki keuntungan yaitu lebih dimengerti maksud bahasa karena kita dapat melihat mimik wajah dari si pembicara. Kelemahan dari bahasa lisan yaitu sulit dilakukan pada jarak yang jauh. Namun seiring perkembangan teknologo,maka kini bahasa lisan dapat mudah dilakukan seperti penggunaan telepon seluler.

Bahasa tulisan merupakan pengungkapan melalui penulisan. Ini9 mudah dilakukan karena kita dengan mudah dapat melakukan interaksi dengan media yang teersedia seperti alat tulis dan kertas. Kelemahanya yaitu kita tidak dapat mengetahui mimik wajagh dari pembicara karena yang kita hadapi sebuah tulisan. Contohnya pada saat kita membaca SMS dari orang lain. Ragam tulis terdapat pada poster,majalah surat,dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar